Islamic Clock

Pencarian

Friday, April 6, 2012


PRAKTEK
USAHA KECIL / MIKRO
“MENGELOLA USAHA KECIL”










 Pembuatan Puding Coklat 



PRAKTEK 
USAHA KECIL / MIKRO
“MENGELOLA USAHA KECIL”
PESERTA


Nama Peserta:
1.      Akbar Rizky Zaputra                                                 4.  Hardianti
(…………….)                                                                      (…………….)
                                              
2.      Muhammad Arif Kasanii                                            5.  Yuliharto Pamungkas
(…………….)                                                                      (…………….)

3.      Anastasya Korwa
(…………….)


PENGESAHAN
JUDUL
PRAKTEK USAHA KECIL/MIKRO
“PUDING COKLAT”






MENGETAHUI:


GURU BIDANG STUDY:                                  PENILAI



SETIA SUCI MULYATI, SE                       KRISDIYAH HERNAWATI, S.Pd
NIP. 19690815 199412  2 002                      NIP. 19700805 199512 2 003




KETUA JURUSAN



                                      ANDI  ARSUL COPPO, S.Kom
                                      NIP.  19750629 200605 1 001


KATA PENGANTAR
Puji syukur kita kehadirat Allah SWT karena atas berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.
Penulisan proposal adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata pelajaran Kewirausahaan
Dalam Penulisan proposal ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat diharapkan demi penyempurnaan pembuatan proposal ini.
Dalam penulisan proposal ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan proposal ini, khususnya kepada :
1.         Ibu Suci Mulyati guru kewirausahaan yang telah membina dan membimbing kami dalam menyelesaikan proposal ini.
2.         Teman-teman dan semua pihak yang telah membantu segala proses penyelesaian proposal ini.
Semoga proposal ini dapat bermanfaat untuk memberikan informasi kepada pihak-pihak yang memerlukan.




PENDAHULUAN

Seni Menjual dan Teknik Promosi
Tujuan dasar program pejualan suatu perusahaan adalah melakukan penjualan yang menguntungkan atas nama perusahaan. Strategi dan rencana penjualan diimplementasikan untuk
 membantu tercapainya tujuan penjualan, misalnya program periklanan dapat diimplementasikan untuk membantu meningkatkan volume penjualan produk atau jasa tertentu. Teknik penjualan merupakan cara-cara atau kiat-kiat yang dilakukan oleh penjual dalam rangka meraih konsumen.
Ada empat langkah dalam melakukan teknik penjualan, yaitu:
(1)  Tentukan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan
Untuk menentukan kebutuhan konsumen haruslah terlebih dahulu diadakan semacam pengamatan atau penelitian sederhana terhadap kebutuhan konsumen, misalnya barang atau jasa apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen? Berapa jumlahnya, siapa yang membutuhkan dan kapan mereka memerlukan?
(2)  Pilihlah Pasar sasaran Khusus
Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu:
a)        Pasar individual, adalah pasar yang memberikan layanan kepada individu-individu tertentu untuk memenuhi kebutuhan secara individual. Jenis pasar ini sangat cocok untuk perusahaan kecildan menengah.
b)        Pasar khusus, yaitu pasar yang memberikan pelayanan khusus untuk konsumen tertentu, misalnya petani, pegawai negeri, pedagang dan sebagainya. Jenis pasar khusus sangat cocok untuk perusahan kecil.
c)         Pasar tersegmentasi, yaitu pasar yeng menyediakan pelayanan bagi kelas konsumen tertentu, misalnya untuk pelanggan kelas berpendapatan tinggi, kelas pelanggan berpendapatan sedang dan kelas pelanggan berpendapatan rendah.
d)        Konsumen dikelompokan berdasarkan geografis (desa, kota), demografis (jenis kelaamin, usia, pendaptan, tingkat pendidikan) dan kelas sosial (tingkat sosial, gaya hidup), serta faktor perilaku.

(3) Tetapkan Posisi Pasar
Setelah menentukan segmentasi pasar, perusahaan harus menentukan “posisi’ yang ingin diduduki segmen tersebut. Menetapkan posisi pasar ialah menyusun produk di tempat yang lebih jelas, khas, sehingga menimbulkan hasrat terhadap produk tersebut dalam pikiran konsumen dari pada produk sejenis yang lain.
(4)  Tempatkan Strategi Penjualan dalam Persaingan
Perusahaan harus lebih siap untuk melakukan bauran pemasaran sebagai strategi dalam pengelolaan perusahaan. Bauran pemasaran adalah kombinasi penawaran produk, penetapan harga, metode promosi, dan sistem distribusi untuk menjangkau kelompok konsumen tertentu.
(5) Pilih Strategi penjualan yang paling Tepat
Memilih strategi dengan menempatkan keempat bauran pemasaran,produk, harga, promosi, dan distribusi tadi.

Manajemen Pemasaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran".

Konsep pemasaran

Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen. Hal ini secara asasi berbeda dengan falsafah bisnis terdahulu yang berorientasi pada produk, dan penjualan.
Secara definitif dapatlah dikatakan bahwa: Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).


Tiga unsur konsep pemasaran:
1.      Orientasi pada Konsumen
2.      Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral
3.      Kepuasan Konsumen

Rujukan

  • Dharmmesta, B.S. & Handoko, H.(1982), Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PBFE Universitas Gadjah Mada.
  • Ferrel, O.C, Hirt, G. & Ferrel, L.(2008). Business: A Changing World. New York: McGraw-Hill Book Company.
  • Kotler, P.(1980), Marketing Management: Analysis, Planning, and Control. 4th Ed. London: Prentice-Hall, Inc.
  • Stanton, W.J.(1978), Fundamentals of Marketing, 5th Ed. Tokyo: Kogakusha, McGraw-Hill Book Company.

1.1  LATAR BELAKANG
Setiap keluarga menginginkan anggota keluarganya sehat dan sejahtera, karena manusiayang sehat dapat berproduktifitas yanng tinggi dalam menunjang kahidupannya dan sekaligus berperan serta dalam pembangunan. Untuk mendapatkan kehidupan yang demikian manusiamembutuhkan makanan yang bergizi baik. Bagi pecinta puding, disini ada cara membuat puding coklat dengan resep terbaik. Puding coklat ini sungguh banyak diminati orang sebagai cemilan dan juga makanan pembuka atau makanan penutup.  Dalam usaha meningkatkan produksi, perlu adanya perbaikan alat produksi dan prosesnya secara intensif dan Disamping itu aspek permodalan juga sangatlah penting dalam menunjang usaha pembuatan puding coklat ini. Sangat disayangkan jika permintaan pasar akan produksi ini harus dipenuhi dari luar daerah hanya karena persoalan modal. Ketiadaan modal merupakan persoalan yang mendasar dalam masyarakat selama ini.
Tujuan :
Ø  Mengisi lowongan kerja dengan cara menciptakan lapangan kerja
Ø  Belajar Hidup Mandiri (berwiraswasta)
Dasar Gagasan Usaha               
§     Prospek Pasar
            Menurut hasil survey usaha kami, akan banyak diminati konsumen karena karena jika dilihat dari jenis usaha yang kelompok lain buat, kebanyakan akan membuat makanan, dan usaha praktek ini mengedepankan mutu dan harga jual yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat sekolah, sehingga tidak ragu lagi untuk membeli.
§     Manfaat Ekonomi
            Dari segi manfaat ekonomi usaha ini agar mendapatkan laba yang memuaskan.
§     Manfaat Sosial
            Dari segi manfaat sosial usaha ini mengacu pada latihan praktek wirausaha, sehingga kedepannya nanti kami telah mendapat pengalaman dari membuat usaha penjualan kepada masyarakat.


Produk
1.      Ciri-ciri produk
-             Produk kami lebih enak
-             Ukuran sesuai dengan kebutuhan konsumen.
2.      Kegunaan produk
-          Untuk memudahkan konsumen sehingga tidak perlu membuatnya lagi
      Contoh: Guru, Pegawai Negeri, Dokter, dll
-          Sebagai makanan yang bergizi dan sehat.

Gambaran Umum Pasar
1.      Jenis produk yang dipasarkan adalah Puding Coklat
2.      Wilayah pemasaran mencakup daerah lingkungan sekolah
     
Permintaan
Jumlah Permintaan Terhadap Produk
a.      Sasaran Pembeli (konsumen)
Usaha ini menjual produk yang dapat dibeli oleh seluruh masyarakat sekolah, baik itu guru maupun murid
b.      Jumlah Kebutuhan


1.2     CARA PEMBUATAN PUDING COKLAT

ALAT:
No
Nama alat
Jumlah
1
Kulkas
1
2
Wajan
1
3
Kompor
1
4
Cetakan Agar-agar
40 buah

BAHAN :
*          4 bungkus agar-agar coklat
*          1500 ml susu coklat
*          biskuit roma kelapa
*          112,5 gr coklat bubuk
*          2 buah kelapa
*          tepung maisena
*          tempat agar-agar
*          ½ gr gula pasir
*          ½ sdt garam


CARA MEMBUAT :
*          Aduk rata coklat bubuk, garam dan gula, larutkan dengan sebagian susu (bukan diatas api, sisihkan).
*          Rebus agar-agar dengan sebagian susu sampai mendidih, tuang adonan coklat bubuk, gula dan susu, aduk rata.
*          Tuang beberapa sendok sayur adonan agar-agar ke kocokan. Lalu aduk rata, dan tuang kembali ke adonan agar-agar diatas api, masak sampai mendidih.
*            Matikan api, aduk adonan agar-agar hingga uap hilang (hangat kuku), tuang ke dalam cetakan sambil disaring biar puding jadinya mulus, bekukan.

ANGGARAN BIAYA:
*          Biskuit roma kelapa                          = Rp   6.000,00
*          4 bungkus agar-agar coklat               = Rp 10.000,00
*          2 buah kelapa                                   = Rp   5.000,00
*          40 buah tempat agar-agar                 = Rp 12.000,00
*          susu coklat                                        = Rp   8.000,00
*          coklat bubuk                                     = Rp 12.000,00
*          tepung maisena                                 = Rp   8.000,00
======================================    +
                          TOTAL MODAL = Rp 61.000,00




KESIMPULAN:
Dari resep diatas menghabiskan modal Rp 61.000,00 untuk membeli biskuit roma kelapa,  agar-agar coklat, kelapa, susu coklat, coklat bubuk, tempat agar-agar, tepung maisena, karena itu kami hanya membuat 40 buah, maka harga jual perkue Rp 2.000,00
Jadi perolehan Laba = Harga Jual - Modal
                               = (Rp 2.000,00 x 40 buah) – Rp 61.000,00
                               =  Rp 80.000,00 – Rp 61.000,00
                               = Rp 19.000,00

SARAN :








Daftar Pustaka :











No comments:

Post a Comment

Twitter Facebook RSS

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free